Minggu, 26 September 2010

subkelas apterygota

Anggota kelas insect disebut juga heksapoda atau lebih dikenal serangga. Merupakan kelas terbesar dalam filum anthropoda dan memiliki anggota kurang lebih 675.000 Spesies terbesar di semua penjuru dunia. Serangga tidak ada yang hidup di laut.
Ciri khas insekta :
1. Tubuh dapat dibedakan dengan jelas antara kepala, dada, dan perut. Pada kepala terdapat antenna , mulut dengan berbagai tipe serta mata faset dan mata oselus. Beberapa macam tipe mulut serangga :
a. menggigit dan menusuk
b. menghisap
c. menggigit dan menjilat
d. menggigit
pada bagian dada terdapat tiga pasang kaki. Sayap terletak pada segmen kedua dan ketiga. Pada bagian perut terdapat kurang lebih 11 segmen. Segmen terakhir bermodifikasi menjadi alat genital.
2. Alat pencernaan memanjang mulai dari mulut sampai anus. Pada mulut terdapat kelenjar ludah
3. System peredaran darah terbuka, jantung berbentuk gilik dan memiliki anterior aorta. Tidak memiliki pembuluh darah kapiler dan vena.
4. Bernapas dengan system trakea, yaitu berupa saluran bercabang-cabang sampai pada semua bagaian tubuh sebelah dalam. Oksigen yang masuk ke melalui spirakel/ostium dapat langsung masuk ke dalam jaringan.
5. Alat ekresi terdiri atas dua atau lebih pembuluh, disebut pembuluh Malpighi.
6. System saraf tangga tali, terdiri atas berupa ganglion pada tiap-tiap ruas. Pada kepala terdapat otak.
7. Indra penglihatan berupa mata majemuk yang tersusun atas omatidia dan mata tunggal yang disebut oselus. Pada antenna terdapat indra pembau yang disebut kemoreseptor.
8. Jenis kelamin terpisah, yaitu jantan dan betina. Pembuahan terjadi di dalam tubuh. Proses pertumbuhan dari telur sampai dewasa mengalami perubahan bentuk yang disebut metamorphosis. Sebagian besar serangga menglami metamorphosis. Berdasarkan metamorfosisnya, dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :
a) Ametabola (tidak mengalami metamorfosis)
b) Hemimetebola (metamorphosis yang tidak sempurna)
c) Holometabola (metamorphosis sempurna)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShoutMix chat widget

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes